Dalam Sehari Dompet Dhuafa Bersih-Bersih Serentak di 13 Titik

Hotria Mariana
Kompas.com - Selasa, 24 September 2019
Dalam Sehari Dompet Dhuafa Bersih-Bersih Serentak di 13 Titikdok. Dompet DhuafaRelawan Dompet Dhuafa menggelar aksi bersih-bersih pantai dari sampah di kawasan Kelupauan Seribu, Jakarta, untuk memeringati World Clean Up Day

KOMPAS.com - Lewat program Semesta Hijau (Semai), Dompet Dhuafa menggelar aksi bersih-bersih sampah serentak di 13 titik di Indonesia, Sabtu (21/9/2019).

Adapun kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari World Clean Up Day yang jatuh setiap tanggal 21 September.

Sementara itu, ketiga belas titik yang dimaksud adalah Pantai Suwuk di Kebumen, Pantai Kajawanan di Cirebon, Pantai Padang di Sumatera Barat, dan Pantai Warna di Kupang.

Selanjutnya ada Pantai Karbati di Lampung, Sungai Aur di Sumatera Selatan, Gunung Lawu di Jawa Tengah, Pantai Boom di Tuban, Bontang di Kalimantan Timur, dan empat pulau di Kepulauan Seribu.

Baca juga: Asap Masih Pekat, Dompet Dhuafa Buat Safe School Agar Siswa Bisa Sekolah

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/9/2019) dijelaskan, untuk lokasi Kepulauan Seribu sendiri, Dompet Dhuafa bersama komunitas, dinas terkait, dan masyarakat umum bergerak membersihkan sampah-sampah di empat titik.

"Bertepatan dengan World Clean Up Day, Semai berkesempatan untuk meramaikannya dengan menyebar tim di empat titik, yaitu pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Panggang," terang Ahmad Sodik, selaku PIC kegiatan tersebut.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad, mengapresiasi partisipasi berbagai unsur masyarakat yang ikut dalam kegiatan bersih-bersih terbesar tersebut.

“Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada kawan-kawan yang masih peduli terhadap alam di Kepulauan seribu ini. Semoga kegiatan semacam ini dapat terus terlaksana setiap harinya,” jelas Husein.

Baca juga: Lewat Program Bude, Dompet Dhuafa Genjot Perekonomian Desa

Perlu diketahui, World Clean Up Day sudah menjadi event tahunan dunia sebagai hari bersih-bersih terakbar sepanjang tahun.

Pada momen World Clean Up Day 2018 lalu, Indonesia menyumbang sekitar 3 juta volunteer bersih-bersih.

Untuk tahun ini, ditargetkan ada 13 juta relawan kebersihan pada momen World Clean Up Day di Indonesia.

PenulisHotria Mariana
EditorMikhael Gewati