Arsjad Rasjid Sebut Sideline Events ABIS 2023 Siap Hadirkan Para Pemimpin Terbaik ASEAN dan Dunia

Kompas.com - 04/08/2023, 20:59 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid dalam sebuah kesempatan. DOK. ASEAN-BAC Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid dalam sebuah kesempatan.

KOMPAS.com - Association of Southeast Asian Nations Business Advisory Council ( ASEAN-BAC) siap menyelenggarakan sideline events untuk ASEAN Business and Investment Summit (ABIS) 2023.

Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid mengatakan, sideline events ABIS 2023 bertujuan untuk memberdayakan dan menginspirasi komunitas bisnis di ASEAN yang dibungkus dalam semangat centrality, innovation, dan inclusivity.

“Semangat ini juga menjadi penggerak ASEAN untuk menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan bisnis dunia," katanya dalam siaran pers, Jumat (4/8/2023).

Arsjad juga menyampaikan, masyarakat dapat bertemu dan berinteraksi dengan para pemimpin visioner yang mampu membentuk masa depan ASEAN dan dunia dalam sideline events ABIS 2023.

Sideline events tersebut merupakan bagian dari ASEAN-BAC Indonesia Summit 2023 yang dimulai pada 1-4 September 2023 mendatang. 

Baca juga: Ketua ASEAN-BAC Tekankan Pembangunan Berkelanjutan APEC dan Kerja Sama Brunei-Indonesia

Kegiatan pertama yang menjadi sideline events ABIS 2023 adalah pameran produk-produk dari usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh wilayah ASEAN pada 1-3 September 2023 .

Acara bernama ASEAN Weekend Market itu diadakan di Gedung Serbaguna Senayan dan terbuka untuk umum. Akan ada berbagai produk-produk kuliner serta kerajinan tangan yang ditampilkan. 

ASEAN Weekend Market bertujuan untuk menunjukkan kemampuan kewirausahaan dan kreativitas dari UKM di ASEAN, serta memberikan kesempatan bagi delegasi dan masyarakat umum untuk terhubung dengan pemilik UKM, bertukar ide, dan mendorong kolaborasi. 

ASEAN Women CEO Forum

Sideline event berikutnya adalah ASEAN Women CEO Forum yang akan membahas topik-topik penting seperti transformasi digital, pendidikan, pembiayaan, dan kepemimpinan. 

Forum yang diselenggarakan ASEAN-BAC itu menekankan peran vital perempuan di berbagai sektor.

Baca juga: Roadshow ASEAN-BAC ke Filipina Bahas 3 Potensi Kemitraan Penting Kawasan Asia Tenggara

ASEAN Women CEO Forum tersebut juga akan membahas ketimpangan gender untuk memperkuat partisipasi wanita dalam pembangunan ekonomi serta mendukung Visi ASEAN 2045.

Forum ini bekerja sama dengan ASEAN Women Entrepreneurs Network (AWEN) dan menghadirkan pembicara perempuan terkemuka dari negara-negara anggota ASEAN dan mitra dialognya, termasuk pemimpin bisnis berpengaruh, ikon, menteri, dan pemikir terkemuka.

Beberapa narasumber yang akan hadir, seperti Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Perwakilan Tetap Republik Filipina untuk ASEAN Jaycelyn M Quintana, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani, dan lainnya. 

Forum ini akan digelar pada 2 September 2023 di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place. 

ASEAN Future Generation Business Forum

Selanjutnya ada ASEAN Future Generation Business Forum yang akan mengeksplorasi berbagai macam tema, seperti kesejahteraan, inovasi, pertumbuhan, dan peran mereka dalam membentuk masa depan bersama ASEAN di bawah Visi ASEAN 2045.

Baca juga: ASEAN-BAC Kembali Tegaskan Sentralitas Visi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025

Forum ini akan menghadirkan pembicara berpengaruh dari ASEAN dan mitra dialog, termasuk pelaku bisnis, ikon, politisi, ilmuwan, dan sociopreneur dengan dukungan dari Japan External Trade Organization (JETRO) dan Gen Youth.

Beberapa pembicara dalam forum ini, yaitu Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika dan Ikon Prestasi Pancasila Devon Kei Enzo dan Mischka Aoki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Founder BEENOS & BEENEXT Teruhide Sato, Founder dan Group CEO Bitkub Capital Group Holdings Topp Jirayut Srupsrisopa, dan lainnya.

Acara yang terbuka untuk umum ini diadakan pada 2 September 2023 di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place.

ASEAN Climate Forum

Side event lainnya adalah ASEAN Climate Forum yang didedikasikan untuk menjadi wadah diskusi tentang masalah iklim di Asia Tenggara.

ASEAN Climate Forum menekankan pentingnya agenda pembangunan berkelanjutan untuk memfasilitasi transformasi kawasan ASEAN menjadi ekonomi yang ramah lingkungan dan sejalan dengan Visi ASEAN 2045.

Baca juga: Ketua ASEAN-BAC Sebut Investasi Kesehatan Penting untuk Perluas Akses Vaksin DBD Terjangkau bagi Masyarakat

Forum ini akan menampilkan pembicara dari negara-negara anggota ASEAN dan mitra dialog, termasuk pemimpin bisnis, perwakilan organisasi nonpemerintah (NGO), dan para menteri. 

Beberapa pembicara yang akan hadir, antara lain Direktur Eksekutif untuk ASEAN Center for Diversity Theresa Mundita Lim, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Arifin Tasrif, dan lainnya. 

Dengan dukungan dari knowledge partner, seperti Standard Chartered, PWC, Equatorise, dan Bloomberg NEF, forum ini akan berfokus pada kerangka Net Zero Emission (NZE) 2060 yang komprehensif, transisi energi yang terjangkau, strategi dekarbonisasi, dan pembiayaan berkelanjutan. 

Forum ini diadakan pada 2 September 2023 di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place. 

ASEAN Investment Forum 

Acara terakhir adalah ASEAN Investment Forum yang menyediakan platform interaktif untuk membahas peluang investasi dan menyorot potensi wilayah ASEAN sebagai tujuan investasi dan bisnis yang menarik. 

Baca juga: ASEAN BAC Dorong Penguatan Sistem Kesehatan

Forum terebut diselenggarakan melalui kerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Alpha JWC.

Kerja sama mewujudkan gelaran ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi regional di ASEAN. 

Beberapa pembicara yang akan hadir, yaitu Ketua Umum CARI ASEAN Research and Advocacy Tan Sri Munir Majid, Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono, dan lainnya.

Forum tersebut akan menghadirkan pembicara terkemuka dari ASEAN dan mitra dialognya, termasuk para investor, perwakilan dari lembaga akademik, dewan bisnis, dan kamar dagang, pemerintahan, dan sektor swasta.

ASEAN Investment Forum akan digelar pada 2-3 September 2023 di Hotel Sultan Jakarta.

Baca juga: Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid Gandeng Menteri dan Pengusaha Malaysia Dorong Inovasi serta Pertumbuhan Ekonomi Regional

Perusahaan-perusahaan besar, seperti PT Astra International Tbk, Indika Energy, Sinar Mas, Bakrie Group, East Ventures, Indofood, Mayora Group, dan MRT Jakarta bersama-sama mendukung sideline events ABIS 2023.

Wakil Direktur Utama dan Group CEO Indika Energy Azis Armand mengatakan, Indika Energy menyadari akan kebutuhan untuk membangun masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan sesuai dengan tujuan eksistensi perusahaan. 

“Melalui sideline events ABIS 2023, kami bangga dapat berkolaborasi dengan para mitra dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong pengelolaan lingkungan, energi terbarukan, dan pertumbuhan berkelanjutan," katanya.

Sinar Mas juga turut mendukung seluruh rangkaian sideline events yang diselenggarakan oleh ASEAN-BAC. 

Franky Oesman Widjaja, Chairman & CEO Sinar Mas Agribusiness and Food mengatakan, pihaknya mendorong seluruh delegasi dan generasi muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan sideline events yang diadakan oleh ASEAN-BAC. 

Baca juga: ASEAN-BAC Sepakati 5 Isu Prioritas, Mulai Transformasi Digital hingga Investasi

“Banyak ide, solusi, serta inovasi yang akan dilahirkan dalam berbagai kegiatan pendamping ini. Saya harap dapat berkontribusi pada kemajuan ASEAN sebagai Epicentrum of Growth," katanya. 

Registrasi peserta untuk menghadiri sideline events ABIS 2023 masih dapat dilakukan. 

Pendaftaran dapat dilakukan dengan di laman ASEAN-BAC Indonesia, yaitu aseanbacindonesia.id/accounts/register

Setelah mendaftar, peserta dapat melakukan RSVP untuk sideline events yang ingin diikuti jika kuota masih tersedia.

Bagi para jurnalis yang ingin meliput acara, pendaftaran dapat dilakukan melalui tautan aseanbacindonesia.id/media

Media yang dapat menghadiri acara ini adalah media yang nantinya sudah terakreditasi pemerintah. 

Baca juga: Dorong Pelaku UMKM Pakai QRIS, Ketum Kadin: Jadi Tidak Perlu Pusing-pusing Tunai

Seluruh pembicara dan jadwal dari ABIS 2023 Sideline Event dapat diakses melalui laman ASEAN-BAC, yaitu aseanbacindonesia.id/event/abis-2023#sideline-events.

Terkini Lainnya
Kadin Indonesia Serahkan Peta Jalan Indonesia Emas 2045 ke Presiden Joko Widodo di IKN
Kadin Indonesia Serahkan Peta Jalan Indonesia Emas 2045 ke Presiden Joko Widodo di IKN
Kadin
Di AIPF 2023, Arsjad Rasjid Beberkan 3 Potensi Besar ASEAN
Di AIPF 2023, Arsjad Rasjid Beberkan 3 Potensi Besar ASEAN
Kadin
Indonesia Jamu Dialog RCEP 2023, Arsjad Rasjid: Kami Nantikan Kontribusi untuk ASEAN
Indonesia Jamu Dialog RCEP 2023, Arsjad Rasjid: Kami Nantikan Kontribusi untuk ASEAN
Kadin
Pertemuan Meja Bundar Indonesia-Filipina Jajaki Kemitraan di Sektor Mineral dan Nanopreneurship
Pertemuan Meja Bundar Indonesia-Filipina Jajaki Kemitraan di Sektor Mineral dan Nanopreneurship
Kadin
Pertemuan Meja Bundar Bisnis Borneo Jadikan IKN sebagai Pusat Ekonomi Hijau ASEAN
Pertemuan Meja Bundar Bisnis Borneo Jadikan IKN sebagai Pusat Ekonomi Hijau ASEAN
Kadin
ASEAN Business and Investment Summit Day Bahas Toleransi Antaragama dalam Perspektif Bisnis
ASEAN Business and Investment Summit Day Bahas Toleransi Antaragama dalam Perspektif Bisnis
Kadin
Buka ABA 2023, Arsjad Sebut Ajang Ini untuk Apresiasi Pelaku Bisnis Berkelanjutan di ASEAN
Buka ABA 2023, Arsjad Sebut Ajang Ini untuk Apresiasi Pelaku Bisnis Berkelanjutan di ASEAN
Kadin
Arsjad Rasjid: ASEAN Harus Sadari Potensi dan Kekuatan sebagai Surga Investasi Global
Arsjad Rasjid: ASEAN Harus Sadari Potensi dan Kekuatan sebagai Surga Investasi Global
Kadin
ASEAN-BAC Soroti Kesetaraan Gender dan Kepemimpinan Muda lewat 2 Forum Diskusi
ASEAN-BAC Soroti Kesetaraan Gender dan Kepemimpinan Muda lewat 2 Forum Diskusi
Kadin
Arsjad Rasjid: Indonesia Bantu Pelaku Usaha Bangun Ekonomi ASEAN dan Jadi Pusat Pertumbuhan Dunia
Arsjad Rasjid: Indonesia Bantu Pelaku Usaha Bangun Ekonomi ASEAN dan Jadi Pusat Pertumbuhan Dunia
Kadin
ASEAN-BAC Indonesia’s Summit Week 2023 Hadirkan Perdana Menteri Britania Raya, Jepang, Laos, dan Vietnam
ASEAN-BAC Indonesia’s Summit Week 2023 Hadirkan Perdana Menteri Britania Raya, Jepang, Laos, dan Vietnam
Kadin
Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Sebut Asia Tenggara Punya Potensi Sangat Besar di Berbagai Bidang
Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Sebut Asia Tenggara Punya Potensi Sangat Besar di Berbagai Bidang
Kadin
Ketua ASEAN-BAC 2023 Sebut Thailand jadi Contoh Sukses ASEAN Memanfaatkan Potensi Investasi Asing
Ketua ASEAN-BAC 2023 Sebut Thailand jadi Contoh Sukses ASEAN Memanfaatkan Potensi Investasi Asing
Kadin
ABIS 2023 Siap Hadirkan 2.000 Delegasi Bisnis dan Pemerintah Se-Asia Tenggara
ABIS 2023 Siap Hadirkan 2.000 Delegasi Bisnis dan Pemerintah Se-Asia Tenggara
Kadin
Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Sebut Australia Jadi Mitra Strategis ASEAN untuk Tingkatkan Perekonomian
Ketua ASEAN-BAC 2023 Arsjad Sebut Australia Jadi Mitra Strategis ASEAN untuk Tingkatkan Perekonomian
Kadin
Bagikan artikel ini melalui
Oke